Cara Mengatur Tampilan Halaman

CARA MENGUBAH TAMPILAN HALAMAN
TAMPILAN HALAMAN

Microsoft Word 2003 memiliki 4 buah jenis tampilan halaman

1. Normal
Ubah ke mode ini jika ingin menggulung halaman secara cepat
2. Web layout
Menampilkan naskah dalam mode web
3. Print Layout
Sesuai tampilan naskah yang sebenarnya dalam kertas
4. Outline
Struktur dokumen. Ubah ke mode ini jika sobat ingin melihat dan mengubah struktur (susunan) naskah sobat dengan cepat dan mudah.

Dalam keadaan default, tampilan halaman yang terpasang adalah normal. Sebelum sobat bekerja dengan sebuah dokumen (naskah) , ubahlah terlebih dahulu kemenu print layout , dan buatlah ini menjadi default . karena dengan mode ini , susunan naskah kita akan sesuai dengan susunan di kertas , dan lebih mudah dipahami.


CARA MENGUBAH TAMPILAN HALAMAN

1. Klik Menu View
2. Maka akan keluar Jenis jenis tampilan halaman seperti diatas, pilihlah dan klik salah satu.
3. Maka jenis tampilan halam sebelumnya akan segera diganti dengan jenis tampilan yang sobat pilih. dan berlaku selama sobat tidak mengubahnya ke yang lain.

HALAMAN

Sebelum sobat membuat sebuah naskah, sebelumnya ubah terlebih dahulu ukuran halaman yang terpasang sesuai dengan ukuran halaman yang akan digunakan. Karena jika ukuran halaman berubah, letak seluruh teks dan gambar juga ikut berubah. Jika naskah sobat besar, maka ini akan melelahkan, karena sobat akan dua kali bekerja {mengatur kembali isi naskah}.

MERUBAH UKURAN HALAMAN

Dalam keadaan Default, ukaran halaman {ukuran kertas}yang terpasang dalam Microsoft Word adalah Letters {8 1/2x11in}, yaitu suatu ukuran yang sedikit lebih kecil dari kertas Quarto.oleh karena itu, jika sobat akan menggunakan kertas Quarto atau polio {yang umum di gunakan di indonesia}, maka sebelum mengetik surat atau naskah lain, ukuran halaman lebih baik di tentukan terlebih dahulu.

CATATAN:
Ukuran halaman bisa juga di ubah setelah naskah di ketik, tetapi cara ini tidak penulis anjurkan, karena nanti sobat akan mengatur kembali teks dan gambar untuk penyesuaian dengan ukuran halaman yang baru.jadi sobat akan bekerja dua kali.

CARA MENGUBAH UKURAN HALAMAN DENGAN MS WORD 2000-2003
1. Klik menu file.
2. Klik page setup.
3. Maka akan keluar kotak dialog page setup
4 Pada kotak paper size pilihan:
.A4 Ukuran kertas Quarto
.B5 Ukuran buku yang dijual di umum
Fanfold 8.5”x12 in Ukuran folio.
Jika disitu tidak ada pilihan fanfold 8.5 x12 in, pilih kostum kemudian isikan:
width : 8.5” (8.5 in)
height : 1 2.5” (12.5 in)

CARA MENGUBAH UKURAN HALAMAN DENGAN MS WORD 2007


1. Klik menu Office button
2. Cari toolbar print sorot ke kanan
3. Klik print Preview setelah terbuka jendela print preview seperti ini



4. Klik pada menu size , maka akan tampil ukuran ukuran halaman

CATATAN
5. Jenis ukuran halaman yang tersedia tergantung jenis printer yang sobat gunakan, semakain canggih printer sobat, semakin banyak jenis ukuran halaman yang tersedia. 1”artinya 1 inch, dan 1 inch=21/2 cm.

MENGUBAH MARGIN

6. Setelah ukuran kertas atau halaman selesai di ubah, klik tab margin untuk mengubah margin (batas-batas teks terhadap pinggir halaman/kertas).
Jika sobat menggunakan Ms Word 2007 tinggal klik pada toolbar Margin, lalu klik custom margin maka akan tampil menu page setup , seperti pada gambar berikut.



7. Jika sobat menggunakan kertas FOLIO, isikanlah margin seperti di bawah ini:

TOP : 1”
BOTTOM : 1”
LEFT : 1,5”
RIGHT : 1”
GUTTER : 0”
HEADER : 0,5”
FOOTER : 0,5 “

8. Kemudian pada kotak APPLY TO pilih Whole docoment agar semua perubahan margin berlaku, untuk seluruh halaman pada dokumen. Jika sobat memilih THIS POINT FORWARD maka perubahan margin yang kita buat hanya berlaku mulai posisi kursor hingga akhir naskah.


KETERANGAN TAMBAHAN
Header
jarak teks dari sudut atas kertas.
Pooter
jarak teks dari sudut bawah kertas.
Gutter
untuk mengatur jarak inside jika mirror margins ditandai, dan mengatur jarak margin kiri (left margin) jika mirror margins tidak di tandai

Mirror margins
untuk membuat jarak margin kiri pada halaman depan sama dengan jarak margin kiri pada halaman belakang {inside}.itu ditunjukan jika sobat akan mencetak naskah timbal -balik pada kertas {naskah akan dijilid-facing faces},sehingga teks tidak terkena lipatan. Jika sobat memilih mirror margins, left akan berubah menjadi inside dan right akan berubah menjadi outside. Inside artinya margin kiri untuk halaman depan dan margin kanan untuk halaman belakang . Sedangkan outside artinya margin kanan untuk halaman depan dan margin kiri untuk halaman belakang.

2 pages per sheet
Untuk membagi 2 halaman.gunakan ini jika kertas akan dilipat seperti buku,dan pilih landscape sebagian pasangannya. Gutter position yaitu Mengubah posisi gutter.







4 comments:

  1. It's appropriate time to make a few plans for the long run and it is time to be happy.
    I have read this publish and if I may I wish to recommend you few attention-grabbing things or suggestions.

    Perhaps you can write next articles regarding this article.
    I desire to read even more issues approximately it!


    my webpage; ניהול מוניטין חברה

    ReplyDelete