Menggunakan Newsletter untuk meningkatkan traffic


Newsletter berfungsi untuk menarik pengunjung datang ke blog kita. Newsletter atau yang disebut dengan autoresponder ,dengan contoh misalkan ada pengunjung datang ke blog kita dan kita tidak mau pengunjung itu sia sia datang ke blog kita dan harapan kita pengunjung tersebut bisa mau balik kembali berkunjung ke blog kita pada saat kita mempunyai postingan yang baru, atau disaat kita mempunyai pengumuman,misalkan pada saat kita mempunyai produk baru atau mempunyai tips baru , kita bisa memberitahukannya kedia lewat email.

Autoresponder cara kerjanya otomatis , kita hanya mengsetup sekali dia bisa bekerja 24 jam untuk kita nonstop. Untuk contoh autoresponder yang berbayar yaitu www.getresponse.com namun bila sobat belum mampu untuk menggunakan yang berbayar dan sobat juga bisa menggunakan yang gratis , misalkan feedblitz.com atau feedburner.com , akan tetapi para blogger lebih banyak menggunakan feedburner dari pada feedblitz atau email marketing lainnya yang berbayar maupun yang gratis.


Sebenarnya email autoresponder yang berbayar lebih fropesional dibanding yang gratis , autoresponder yang berbayar pengunjung bisa meninggalkan nama dan email mereka, dan dimana pada waktu kita mempunyai berita baru yang akan dikirim kepada pengunjung yang telah mendaftar di newsletter kita itu seolah olah kita berbicara langsung dan sudah saling mengenal.

Upamanya Saya menerima email dari sebuah website yang mana pada waktu itu saya tertarik untuk bergabung dan saya memasukan nama dan email saya.
Berikut contoh balasan isi emailnya kepada saya , setelah saya memasukan email , maka langsung terkirikm ke email kita, misalkan tulisannya seperti ini :

Hallo kang marno
Terima kasih telah bergabung dengan kami ,Bagaimana kabarnya hari ini mudah mudahan baik baik saja . hari ini saya akan memberikan sebuah tips untuk pemasaran diinternet kepada kang marno……secara gratis .

Tulisan kang marno yang saya cetak tebal itu bukan tulisan sipengirim email, melainkan itu adalah tulisan nama , yang mana kita tulis pada saat mendaptar di autoresponder miliknya. Dan nama nama tersebut di simpan disebuah database pengelola autoresponder , padahal dia sipengirim email belum tentu kenal sama kita , dia hanya menulis halo …. Nantinya autoresponder yang akan menyebutkan satu persatu nama nama yang sudah ada dalam databasenya. Jadi kalau kita baca dari isi emailnya seolah olah dia mengatakan langsung kepada kita secara pribadi . dan hal ini membuat si pengunjung merasa diakui bahwa dia sendiri yang dikirim email dari pengelola website tersebut. Dan membuat sipengunjung tertarik untuk mengunjungi blognya kembali . menurut pemikiran kita, mungkin pengelola website sedang online , sehingga dia bisa membalas secara langsung. Padahal itu kerjaannya auto responder. Dan kita tidak tahu kalau pemiliknya mungkin sedang tidur , atau sedang jalan jalan , jadi autoresponder yang mengerjakan untuknya.

Itulah kelebihan dari autoresponder yang berbayar . jika yang mendapatar di autoresponder miliknya sudah mencapai angka ribuan nama dan email , sekali dia mengirimkan email maka terkirimlah kepada ribuan nama tersebut. Seperti yang kita ketahui didalam suatu fasilitas dari Microsoft word yang mana disebut dengan surat mail merge , suratnya satu tapi bisa tercetak dimonitor untuk nama nama yang berbeda. Dan hal ini bisa membantu untuk menaikan traffik atau menaikan omzet penjualan mereka diinternet.

Apabila sobat menggunakan autoresponder yang gratis misalkan dari feedblitz.com , maka didalam email yang kita kirim itu ada iklannya , yang mana iklan itu dari feedblitz, karena sobat menggunakan autoresponder yang gratis.

Demikianlah cerita tentang email newsletter atau autoresponder yang sangat penting bagi kita untuk menambah atau mendapatkan pengunjung ,Dan gunakakanlah baik baik pengunjung yang sudah datang ke blog sobat , jangan biarkan mereka datang sia sisa dan pergi begitu saja, usahakan minta email mereka , supaya kita bisa kontak terus dengan dia. dan salah satu caranya supaya pengunjung mau memberikan email mereka, adalah dengan memberikan gratis kepada mereka, contohnya free download Tutorial berlajar adsense gratis . atau dengan menawarkan sesuatu yang memberikan mereka manfaat. Dan tidak lupa untuk memberikan tulisan dibawah kolom nama dan email tersebut , bahwa mereka bisa untuk mengundurkan diri setiap saat.
Hal inilah yang membuat pengunjung tertarik untuk memberikan email kepada newsletter tersebut.
Selamat mencoba.

21 comments:

  1. assalamualaikum
    silahkan tengok kembali, ada laporan buat komentar anda di blog kami. terimakasih atas kesediannya wassalam..

    ReplyDelete
  2. ADA SATU LAGI YANG GRATIS MAS,,, http://freeautobot.com itu gratis mas,, lebih menarik pasilitasnya,,,

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sarip , telah berbagi

    ReplyDelete
  4. Hmm..jadi ini yang dicoba di email saya beberapa waktu lalu.. wah..wah.. yang dulu kayak nyepam..hehe..

    Thanks for share... :D

    ReplyDelete
  5. gue suka kalau yg berhubungan sama traffic... sukses selalu mas... trafficku ga pernah banjir.. :(

    ReplyDelete
  6. terimakasih sobat.. atas ilmu yang sangat bermanfaat ini... sangat menambah wawasan saya di dunia blog

    ReplyDelete
  7. Hahahaha kenapa kata kata yang dipilih "Hello Kang Marn0?" hahaha disitu ada kelucuan....

    ReplyDelete
  8. wah mantab bang tipsnya... thx's yach

    ReplyDelete
  9. wah mantab nih artikel...... sip deh lanjutkan kawan

    ReplyDelete
  10. Yang berbayar terkesan lebih profesional gan,, kalu mau bisnis afiliasi, wajib nih mempunyai autoresponder berbayar,,,

    ReplyDelete
  11. Newletter meang bisa menggaet pengunjung tetap blog kita,,,,, ada refernsi untuk yang free gak???

    ReplyDelete