12 August 2009

Belajar Foxprox 2.5

Belajar Foxprox ada manfaatnya juga, dikala kita sedang kesulitan dalam mengolah database di dalam Microsoft Excel . foxprox 2.5 adalah system database dalam bentuk DOS (Disk Operating System). Sudah lama program ini ditinggalkan oleh para programmer kita di tanah air, mereka sudah beralih kepada pemrograman yang lebih profesional , yaitu diantaranya pemrograman menggunakan Foxprox for windows dan Visual Basic dengan menggunakan system database Mysql dan Oracle .

Pernah kang marno pada suatu hari mendapatkan tugas yang intinya seperti ini.

Yaitu pada pengolahan data di Microsoft excel.
Yang akan diambil adalah kolom jumlah Angsuran dan saldo. Untuk diharapkan agar lurus sejajar dengan kode barang dan Rptagihan .

bentuknya yaitu seperti ini.




Kalau kita mengerjakannya secara manual , langkahnya yaitu dengan cara mengcopy jumlah angsuran dan saldo dan dipindahkan keatas sejajar dengan Rptagihan , dengan menggunakan perintah edit , paste special Values . serta kolom-kolom keterangan angsuran perbulannya akan dihilangkan dengan cara diblok dahulu kolom-kolom angsuran perbulan itu , kemudian dengan perintah edit , delete , entire row. Baru dirapatkan antara record pertama dan kedua yang bentuknya akan menjadi seperti ini.



Karena recordnya sangat banyak sekali yang saya kerjakan yaitu sampai 620 record , akhirnya saya berpikir, bagaimana caranya supaya bisa cepat , paling tidak bisa diselesaikan dalam jangka waktu dua jam.

Memang pertamannya saya kerjakan secara manual sampai dengan ada sekitar 15 record saya kerjakan. Akhirnya muncul ide , kalau saya dulu sedikit pernah belajar foxprox 2.5 , cobalah saya praktekan.

Pertama saya kasih kolom baru di dekat kolom angsuran dengan menekan Insert colum dan diberi judul dengan nama kode. Kemudian kita kasih kode M pada kolom kode , yang mana kolom yang sudah ditandai kode M tersebut , akan kita jadikan menjadi satu, yaitu agar rapat antara record pertama dengan record kedua.




Setelah selesai dikasih tanda M pada sebelah jumlah angsuran , dan sudah dikasih kode H diantara nourut. Maka simpanlah dengan nama Rekap.dbf .

Kemudian bukalah foxprox . dan berikan perintah .

Set defa to C:\
Use rekap
Copy to rekap1.dbf
Set stat on
Copy for kode=’M’ To Angsuran.dbf
Dele for no=”H”
Pack



Keterangan :
Set defa to c:\
Tergantung kepada drive yang akan kita buka , jika data tersebut disimpan di drive d:\ atau e:\ , bisa saja diberikan perintah set defa to d:\ atau set defa to e:\

Use rekap
yang sedang digunakan file rekap

copy to rekap1.dbf
membackup file , takut terjadinya kesalahan , jadi masih ada data backup

set stat on
menampilkan jumlah record dan nama file yang sedang digunakan

copy for kode=”M” to angsuran.dbf
foxpro akan memisahkan file yang berurutan kode M dengan nama angsruran , maka semua jumlah angsuran dan saldo sudah berdempetan dan menjadi satu.


Dele for no=”H”
Menghapus row atau baris yang mempunyai kode H , agar ,nomor yang satu dengan nomor yang tadinya dibatasi dengan hurup H sekarang sudah bisa berdempetan kebawah . yaitu menjadi seperti ini.




Setelah itu kita kembali ke excel , dan membuka file angsuran dan klik open, pada files of type pilih all files setelah itu buka file angsuran.dbf.

Setelah file angsuran.dbf terbuka di Microsoft excel , kemudian kita simpan file tersebut dengan nama angsuran.xls , lalu kita buka file yang satunya lagi yaitu file rekap1.dbf , dengan cara seperti yang telah disebutkan tadi.

Lalu copy semua file yang ada di angsuran.xls dan tempatkan file tersebut pada file rekap.dbf disebelah rptagihan , maka yang tadinya jumlah angsuran ada dikolom bawah sekarang sudah sejajar dengan rptagihan . cara ini sudah saya uji coba dengan microsoft excel 2003 dan foxprox 2.5 dan ini lebih efektif daripada mengerjakannya secara manual.
Lumayan bisa menghemat waktu antara satu jam atau dua jam. Jika file yang dikerjakan melebihi dari lima ratus record.

13 comments:

  1. info yang mantap sob sukses ya........

    ReplyDelete
  2. wah... infonya mantap nich... keep bloging sob...

    ReplyDelete
  3. Foxpro tuh pake bahasa C yah??

    ReplyDelete
  4. artikel yang harus semua orang tahu nich...mas
    Maksih dah berkunjung ke blog saya...

    Terima kasih,
    Pengunjung setia mu

    Luthfi Fuadi Majid
    Blog Bisnis Affiliasi

    ReplyDelete
  5. bermanfaat ni ketika ntar ditanya ma bos

    ReplyDelete
  6. walaupun masih sedikit bingung.
    tapi sangat membantu.
    Nice post.

    ReplyDelete
  7. Infone mantep tena Kang! Matur nuwun nggih

    ReplyDelete
  8. Mantep,...
    Inget Waktu ngikutin Matakuliah Foxfro...
    Banyakin tutor kayak gini kang

    ReplyDelete
  9. Pernah belajar,,, tapi udah lupa sob,,, agak sulit belajar foxpro,,

    ReplyDelete
  10. Susah ya foxpro,,,, hebat gan bisa menggunakan foxpro,,,

    ReplyDelete