23 July 2010

Validasi data dengan Program Foxpro 2.5


Jika sobat bekerja di sebuah perusahaan , dan sobat ditugaskan untuk mencari data. Apabila data tersebut ada dikomputer , dan kita tidak perlu repot repot untuk mencarinya , cukup dengan langkah – langkah berikut ini.

Misalkan data data tersebut diantaranya :



dari data barang tersebut misalkan yang kita cari adalah harga. tetapi isi dari kolom harga tersebut berada di dalam database barang . sedangkan didalam database penjualan kolom harganya masih kosong, dan database barang mempunyai 10000 record , sedangkan data database penjualan hanya mempunyai 2000 record. Tetapi kodebarang yang ada didata barang , sama kodenya dengan kode barang yang ada di data penjualan, dan hanya saja kalau pada data barang itu ada isian harganya, tetapi pada data penjualan tidak ada harganya, makusdnya masih kosong isian harganya,dan kodebarang yang ada didata penjualan kodenya acak acakan alias tidak berurut, tugas kita adalah carilah kodebarang yang sama dari data barang dan data penjualan jika ketemu masukan isian harganya ke data penjualan.

Apabila kita cetak dan kita cari satu persatu secara manual yang mana kodebarangnya yang sama dengan kodebarang yang ada di database penjualan , maka masukan isi harganya ke data penjualan yang ada didata barang. dan hal ini sangat melelahkan. Karena recordnya banyak sekali sampai 2000. Udah begitu acak acakan lagi kodenya ngga berurut sesuai dengan yang ada di databarang. Misalkan kalau kita cari satu kode, kalau didata penjualan itu adanya di nomor satu , tetapi kalau didata barang adanya di nomor 15, dan selanjutnya. Bagaimana kalau 2000 , nyari satu saja di urut dari nomor nomor satu eh ketemu di nomor 15 bisa juga nyari nomor 2 ketemunya di databarang di nomor 101 dan sebagainya, memang hal ini cukup melelahkan, walaupun kita menggunakan MS Excel pun dengan pasilitas Find CTRL+F , tetap saja, kita tidak bisa mengerjakannya dengan cepat , pasti butuh waktu, karena yang kita cari adalah 2.000 record dari 10.000 ribu record yang ada didata barang.

Untuk mempermudah pekerjaan kita, Kang marno mempunyai solusi yang mana kita memberikan perintah kepada komputer untuk mencarikannya kode barang tersebut.

Berikut langkah langkahnya :

  1. Tambahkan kolom isian harga pada tabelnya, walaupun kosong biarkan saja dulu , nanti akan terisi secara otomatis. Berikut gambarnya. Menunjukan bahwa kolom harga masih kosong.

  2. Silahkan Save AS database penjualan tersebut ke tipe DBF, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan MS EXCEL 2003 Kebawah. Setelah excel kita save as ke bentuk file dbf. Silahkan buka program forxprox nya, jika sobat belum mempunyai silahkan. download disini setelah download selesai, silahkan di extract dulu filenya dari winrar supaya berbentuk folder. Dan simpanlah di folder C:\
  3. Setelah kita save As , dan menjadi File Dbf, maka silahkan buka foxprox nya.
    Dengan cara klik pada menu- star- run dan klik ok



  4. Maka akan tampil cmd dos dan ketikan perintah berikut ini


C:\cd fox kemudian enter
C:\fox
C:\fox\foxprox Enter

Maka akan tampil program Foxpro





Setelah tampil program foxprox , maka pada postingan selanjutnya kita tinggal membuat program Validasi kode brg.

Selama mencoba.

2 comments:

  1. Dulu jago banget,, sekarang dah lupa semua,,,

    ReplyDelete
  2. Gan, link download Foxpro Compiler'nya File not found. Ada alternatif link download lainnya ga?
    Trmksih....

    ReplyDelete