10 April 2009

Membuka File dengan Password

Membuat Pasword di Microsoft Word

Microsoft Word 2007
Jika sobat ingin naskah yang sudah di ketik di microsoft Word tidak dapat diedit dan tidak dapat dihapus oleh orang lain. Maka salah satunya cara dengan memprotecnya yaitu dengan memasukan password. Untuk cara-caranya sobat bisa mengikuti langkah berikut ini:

1. Klik menu Review yang ada pada menu bar
2. Setelah itu tampil di pojok kanan tulisan Protect Document



3. Klik pada tulisan protect Document
4. Kemudian klik pada tulisan Restrict Formatting and Editing



5. Tandai pada Editing restrictions pada tulisan Allow only this type of editing in the document klik pada pilihan Filling in Forms yang ditunjuk pada gambar panah dibawah ini.



6. Kemudian klik pada tombol Yes , Start Enforcing Protection



7. Silahkan masukan password sobat dua kali, password bisa apa saja dengan nama panggilan atau tanggal lahir, no seri motor dan lain lain.yang penting sifatnya rahasia dan tidak dapat diketahui orang lain.
8. Lalu klik ok
9. Silahkan Simpan naskah dengan mengklik tombol Save
10. Silahkan buka kembali , dan coba mengetikan satu hurup atau dua hurup dan coba tekan tombol delete untuk menghapus naskah yang sudah diketik , maka ketika kita mengetikan, tidak akan tampil hurupnya , dan ketika menghapus kita tidak dapat menghapusnya.
11. Jika sobat ingin mengembalikan kesemula ,silahkan ulangi langkah 1 sampai 3 kemudian klik tombol Stop protection , lalu masukan password tadi , maka kita bisa mengetikan dan menghapusnya seperti semula.



Membuat Pasword dengan Microsoft Word 2003

Lain halnya dengan Microsoft Word 2007 , pada Microsoft Word 2003 pesan permintaan untuk memasukan password akan tampil ketika kita pertama kali membuka file , hal ini penting Jika sobat mempunyai file yang sifatnya ingin dirahasiakan , untuk keamanan file tersebut sobat bisa menyimpannya dengan memasukan password , kata kunci , sehingga hanya sobat sendiri yang dapat membuka file tersebut..

Tapi didalam Microsoft Word 2003 jika sobat menggunakan password sebaiknya password tersebut dicatat, maksudnya jangan sampai lupa, sebab kalau lupa file tersebut tidak akan bisa dibuka.

Cara membuat.

1. Setelah document selesai diketik, klik menu tools
2. klik option
3. Maka akan keluar kotak seperti gambar berikut ini.



4. Klik pada menu Security
5. Silahkan masukan password sobat pada kolom password to open kemudian klik Ok , masukan password sekali lagi lalu klik OK
6. Jika sobat mengisi kolom password to modify maka setelah document terbuka akan meminta memasukan password sekali lagi, hal ini agak merepotkan. Maskudnya adalah , kalau kita mau menambah atau mengedit document maka permintaan pasowrd akan tampil kembali setelah permintaan password yang pertama.
7. Tapi kalau kita Cuma hanya mengisi password to open , maka pada saat kita membuka document akan tampil permintaan untuk memasukan pasowrd nya hanya satu kali.
8. Setelah selesai klik OK
9. Silahkan buka kembali dokumen sobat, maka permintaan password akan tampil.

Selamat mencoba.




2 comments: