18 March 2009

Keterangan Mengenai Margin dan Indent

PERINTAH-PERINTAH MARGIN DAN INDENT

Sekarang kita akan belajar mengenai Margin dan Indent , berikut keterangan mengenai Margin dan Indent di Microsoft Word

Hanging indent
Bila kita geser Left indent kekanan , maka akan menjadi Hanging indent , dan apabila kita klik pada hanging indent maka akan tampil bayang bayang garis , yang bertujuan untuk mengukur perataan naskah dari atas kebawah.



Left Indent
Batas kiri naskah, apabila left indent kita seret kekiri maka naskah akan bergerak kekiri dan apabila kita seret kekanan maka naskah akan bergerak kekanan





Right Tab
Berfungsi untuk mengatur batasan naskah yang kita ketik, klik dua kali pada right tab tersebut maka akan menjadit Decimal tab.



Decimal Tab
Decimal tab berfungsi , apabila kita menekan tombol tab pada keyboard setelah itu kita ketik naskah , maka naskah yang kita ketik itu akan bergerak dari kanan kekiri , lalu setelah sampai pada left indent , maka naskah tersebut akan beregerak kekanan.



Bar Tab
Setelah Decimal Tab kita klik sekali maka akan muncul bar tab, bar tab ini fungsinya , setelah kita menekan tombol Tab pada keyboard lalu kita klik pada horizontal Ruler , setelah itu kita ketik naskah , maka pada samping kiri naskah tersbeut akan tampil garis.



First Line Indent
Setelah Bar Tab kita klik sekali , maka akan tampil First Line Indent yang berfungsi yaitu pada baris pertama pada setiap alinea yang didorong agak masuk ke dalam. digunakan untuk membuat surat model paragraph Indent.



Left Tab
Setelah First indent kita klik sekali , maka akan tampil Left Tab, left tab fungsinya sebagai pembatas untuk mengetik naskah bergerak kekanan.



PERINTAH – PERINTAH MARGIN DAN INDENT DENGAN TOMBOL KEYBOARD

CTL + M = Membuat atau menambah left Indent.
CTRL + SHIFT + M = Menghapus atau mengurangi Left Indent
CTRL + T = Membuat Hanging Indent
CTRL + SHIFT + T = Menghapus atau mengurangi Hanging Indent
CTRL + Q = Kembali atau mengembalikan ke indent semula.





3 comments: